Animasi Cell atau celluloid, merupakan teknik pembuatan animasi yang populer. Animasi cel umumny merupakan lembaran-lembaran yang akan membentuk animasi tunggal. Jadi masing-masing cel merupakan bagia terpisah. Misalnya seperti objek dan juga latar belakangnyaterpisah, sehingga bisa bergerak secara mandiri.
2. Animasi Frame
Animasi frame dapat dikatakan merupakan teknik pembuatan yang sangat sederhana, contoh sederhananya seperti saat kita membuat gambar/objek yang berbeda-beda pada lembaran buku, lalu kita membuka buku tersebut secara cepat dengan jari kita makan gambar tersebut akan terlihat seolah-olah bergerak. Jai teknik pembuatan animasi frame dapat diartikan sebagai teknik yang menggunakan rangkaian gambar yang ditunjukkan secara bergantian. Jika kita menggunakan aplikasi flash animasi ini dapat dibuat engan teknik keyframe.
3. Animasi Path
Merupakan pembuatan animasi yang berasal dari objek yang digerakkan, gerakan tersebut mengikuti garis yang telah ditentukan oleh pembuatnya. Pada aplikasi macromedia flash animasi path dapat digunakan dengan menggunakan layer tersendiri sebagai lintasan dari objeknya. Umumnya pada animasi path menggunakan perulangan, sehingga animasinya terus menerus berulang hingga mencapai kondisi yang diinginkan.
4. Animasi Sprite
Dengan teknik ini memungkinkan objek dapat bergerak secara individu, jadi objek lainya hanya sebagai background atau layar belakang yang tidak bergerak. Pada animasi sprite, objeknya bergerak tidak dalam waktu bersamaan tapi mempunyai frame per detik yang berbeda, sehingga jika ingin di edit maka harus diedit swtiap masing-masing objek.
5. Animasi Spline
Pada teknik pembuatan animasi spline, objek yang bergerak tidak mengikuti lintasan garis lurus. Dengan teknik ini memungkinkan objek bergerak misalnya mengikuti lintasan seperti berbentuk kurva.
6. Animasi Clay
Animasi clay merupakan animasi yang menggunakan clay sebagai objeknya. Tentu yang digunakan bukanlah tanah liat biasa, tapi umumnya menggunakan plasticin yaitu suatu bahan yang lentur/elastis. Objeknya digerakkan lalu diambil gambarnya secara satu per satu. Setelah itu diedit lalu disusun, maka akan memberikan efek seolah oleh objek bergerak.
7. Animasi Vektor
Dapat dikatakn animasi vektor merupakan teknik pembuatan animasi yang menggunakan rumus matematika dalam menggambarkan objeknya. Sebenarnya animasi vektor sama dengan animasi sprite, hanya saja pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk menggambrkan objeknya. Vektor disebut juga dengan garis yang mempunyai ujung, arah da panjang. Pada animasi vektor objek bergerak umumnya bergerak sendiri dengan latar belakang yang diam.
8. Animasi Karakter
Salah satu contoh animasi karakter seperti animasi 3D yang sering digunakan untuk membuat film. Pada animasi karakter setiap objek memiliki ciri khas dan gerakan yang berbeda, tapi setiap obje tersebut bergerak secara bersamaan. Tentunya untuk membuat animasi karakter membutuhkan peralatan komputer, perangkat lunak multimedia.